Installasi Debian 10

 Installasi Debian 10

 

Hallo semuanya, kalau sebelumnya saya membagikan tutorial Installasi Debian 10 berbasis CLI disini saya akan membagikan langkah-langkah untuk Installasi debian 10 berbasis GUI.

Disini temen-temen sudah tau belum apasih  GUI dan CLI itu?, kalau belum tau saya akan sedikit menjelaskan tentang GUI dan CLI. Jadi GUI atau Graphical User Interface adalah jenis antarmuka user dengan menggunakan metode elektronik grafis antara user dengan komputer. Berbeda dengan GUI, CLI atau Command Line Interface adalah jenis antarmua user dengan komputer dengan menggunakan metode berbasis teks atau ketikan.

Nah, sekarang kita bisa langsung ke langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah:

1. Pilih Graphicall Install.

2. Untuk bahasanya pilih "English".

3. Setelah itu lokasinya pilih "other".


4. Kemudian pilih yang "Asia".


5. Pilih yang "Indonesia".


 6. Kemudian pilih yang "United States".

7. Untuk keyboard bisa dipilih yang "American English".

8. Setelah itu isi hostname.

9. Untuk domain name saya kosongin.

10. Setelah itu setting password untuk root.

11. Setelah itu isi nama.

 

12. Kemudian isi nama untuk akun yang akan dipakai.

13. Buat password untuk akun.

14. Untuk waktunya saya pilih yang western (menyesuaikan tempat tinggal kita).

15. Partisi nya mau saya bagi dengan manual, jadi saya pilih yang manual.

 

16. Setelah itu pilih dan klik menu yang ada digambar.
 

17. Kemudian pilih yang yes.

 

18. Klik yang "Free Space".


 19. Buat partisi baru.

20. Kemudian isi 4GB.

21. Pilih yang "Primary".

22. PIlih "Beginning".


23. Pilih done setting.

24. Pilih "Free Space" lagi.

25. Kemudian buat partisi baru.

26. Isi dengan 2 GB.

27. Pilih yang "Primary".

28. Setelah itu pilih "Beginning".

29. use as pilih yang "swap area".

30. Kalau sudah pilih done setting.

31. Klik "Free Space".

32. Kemudian buat partisi baru, untuk ukurannya kita tidak usah ubah alias otomatis.

33. Setelah itu pilih yang "Logical".

34. Pilih yang done setting.

35. Kemudian pilih yang "Finish".

36. Pilih yang "Yes".

37. Tunggu proses untuk menginstall.

38. Pilih yang "No".

39. Pilih "No" juga.


40. Kemudian pilih yang "No" lagi.

41. Pilih sepert di gambar.

42. Pilih "Yes" untuk menginstall grup.


43. Kemudian pilih yang "dev/sda".

44.  Tunggu proses Installasi grup.

45. Pilih continue.

46. Kalau sudah kita bisa isikan password untuk login.

Tampilan debian 10.


Jadi itu tadi langkah-langkah installasi Debian 10. Demikian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. See you in my next article, bye guys.




















Komentar

Postingan Populer